Tupperware

 

Setengah lari aku turun kebawah, walau sebenarnya bahaya banget lari lari sambil turun tangga….. kata orang orang.

 tapi coba tanya bahayaan mana lari lari ditangga atau ngga nongol setelah diteriakin nyokap loe dengan nama lengkap?

Exactly. karena surga dibawah telapak kaki Ibu dan neraka dibawah kaki ibu yang satunya lagi.

“ITU KUPING APA TEMPELAN KULKAS?” dan bilamana ibu tersebut sudah menggunakan majas hiperbola seperti itu, siapin hati loe.

“Iya maaf Ma, tadi lagi dengar earphone” ini salah, karena yang kita dengar adalah suara atau dalam hal ini, musik

“Ini anterin ke rumah Khun Yok, sama bilang besok aja keluarnya” Ma memberikan satu kantong plastik yang setelah kulirik isinya tupperware berbagai ragam

“Emang ngga bisa P’Ann aja yang nganter Ma? aku masih banyak tugas” males banget siang terik begini disuruh kerumah tetangga

“Bantuin orang tua itu bagian dari tugas. Kasihkan ini juga” Ma menambahkan sekotak kue kering yang aku tau banget tadi baru dimasak sama dia

Males malesan kuseret langkahku keluar, sampai luar sengaja aku mendengus keras keras biar Ma tau AKU NGGA SUKA BANGET.

“Eh buruan! ngga usah pake ngaca!” Ma mendorong bahuku

Dih. siapa yang ngaca? PANAS TAUU

Sebenarnya rumah Khun Yok ngga jauh, cuma seblok dari rumah aku tapiiiiiiiiii ini mataharinya lagi ngga nyante banget terutama untuk kulit putih bak iklan Olayku hehehe

“Woy, mau kemana?” setengah memincing aku mendongak, kulihat Ohm duduk diteras depan kamarnya sambil

minum

coca cola

pake es batu. kentut kuntilanak kampret.

Buang muka kupercepat langkahku

“WOY!!MAU KEMANA?? TUNGGUIN GUE” Ohm gesit banget lompat dari teras kamarnya ke pohon rambutan trus ke gerbang dan mendarat manis di jalanan

“Mau kemana loe siang siang gini? bawa apaan sih loe?” Ohm menyusul langkahku

“Apaan sih loe? kepo banget” tapi mataku melirik kaleng coca cola ditangan Ohm

” dih, sensi banget kayak cewek tiap tengah bulan. mau?” Ohm mengulurkan coca colanya

“Mau hehehe” cengengesan kuambil kaleng coca cola

“Disuruh nganter tupperware ya?” Ohm membuka plastik yang diambil dari tanganku

“Gue rasa ya kalo bisa tuker anak sama tupperware seri baru, udah dari taun kapan nyokap nuker gue!” Aku mendengus

“Kayak nyokap gue! Kemaren gue lupa bawa balik gelas tupperwarenya seharian gue diomelin, SEHARIAN. Gila emang ibu ibu jaman sekarang”  kami saling berpandangan dalam sendu

“Emang disuruh nganter kemana loe?”

“Rumah Khun Yok sih tapiiiiii effort banget gue jalan kaki tengah bolong gini”

Ohm menatapku, jijik.

“Kaya perempuan kelakuan loe”

Kuabaikan komen sirik Ohm dan memencet bel rumah pagar kayu no 17

“Nyokap gue bilang anak Khun Yok yang sekolah diBangkok balik kemarin, anaknya perempuan khan?” Ohm bersender di pintu

“Mana gue tauu, tau Khun Yok punya anak aja baru ini dari elo” kupencet bel sekali lagi, lama amat

Iya sebentar” kami saling berpandangan mendengar suara laki laki, secara bersamaan badan kami berdiri tegak, bersiap menemui suami Khun Yok

“Iya, cari siapa ya?” 

Aku mencoba menggerakkan lidahku, kelu terasa

“Sawatdekap, kami nganterin titipan dari Khun Mai buat Khun Yok” Ohm menangkupkan tangannya sambil nginjek kakiku

“Ah, sawatdee! Ma ada didalam, masuk aja” siganteng berkaos putih dengan model undercut tersexy dikepala beranting hitam kecil itu membuka gerbang lebih lebar

Ohm menarik  paksa tanganku masuk kedalam

“Siapa Phun yang da- loh Noh sama Ohm? Masuk ..masuk” Khun Yok tersenyum melihat kami

“Sawatdekap Khun, ini ada titipan dari Ma sama tadi Ma bilang keluarnya besok aja sekalian” kutangkupkan tangan sebelum kuserahkan plastik dan kue kering

“Ya ampun repot repot amat, siang bolong gini lagi. Kalian sudah makan? Bareng makan ya kebetulan saya dan Phun baru mau makan siang” Khun Yok sudah mendorong kami ke ruang makan yang juga merupakan dapur bersih

“Kebetulan aku belum makan Khun” Ohm cengengesan 

Aku agak bingung mau duduk dimana melihat Ohm sudah duduk disebrang siganteng, sebelah Khun Yok. 

“Silahkan” siganteng tersenyum dan menarik kursi disebelahnya, mau ngga mau aku duduk disitu

“Ini anak saya Phun, kebetulan kampusnya diBangkok lagi libur. Phun, kamu masih inget ngga? Ini Ohm anak Khun Saruta, itu Noh anak Khun Mai” Khun Yok menyendokkan nasi untuk kita semua

“Kayaknya N’Ohm aku masih ingat, cuma N’Noh yang agak lupa” P’Phun tersenyum kearahku, hampir sendok nyasar ke hidungku saking gugupnya aku disenyumin 

“Padahal aku sama Noh kurang lebih sama loh P'” Ohm semangat nyendok ayam karinya

“Ohya? Kayaknya lebih manis N’Noh”

“UHUK UHUK” aku terbatuk hebat, sampe mataku berair

“Ya ampun pelan pelan makannya Noh” Khun Yok memberikan air sementara P’Phun menepuk bahuku

“Santai aja makannya .. ngga ada yang dikejar khan” tangan P’Phun berganti mengelus bahuku

Aku mengangguk dan meminum airku

Ohm menatapku dari seberang meja dengan mata setengah menyipit.

Hampir seluruh percakapan selanjutnya dikuasai Ohm karena aku sibuk menyeimbangkan ngunyah dengan detak jantung yang entah kenapa kayaknya sensitif banget sama setiap gerakan P’Phun

P’Phun ngambil lauk, jantung berdesir.

P’Phun nambah nasi, jantung skip sedetik

“Ah, sorry” siku P’Phun ngga sengaja mengenai tanganku tapi yang berasa merinding, sebadan badan.

INI MAKAN SIANG APA PELEM HOROR SIK?!!

“…… Iya khan Noh?” Samar samar kudengar suara Ohm

“Eh iya…iya” aku menjawab buru buru sebelum ketauan tadi lagi bengong

Raut wajah P’Phun tampak aneh, seaneh wajah Ohm yang seperti konstipasi. Perasaanku ngga enak.

“Barusan mama kamu tlp Noh takut kamu ngga sampe katanya kok lama banget” Khun Yok masuk ke ruang makan, aku bahkan baru ngeh Khun Yok tadi ngga ada

“Noh soalnya suka ngelayap ngelayap gitu Khun kalo disuruh sama Khun Mai” Ohm menambah lauk

Pengen rasanya mulut Ohm kujejelin sambel, lemes amat kaya gincu banci!

“Nanti titip ini buat mama ya Noh, Ohm” Khun Yok tersenyum sambil ngasih kotak tupperware (lagi) didalam plastik

Kami berdua mengangguk.

Setelah membereskan meja kami pamit, P’Phun mengantar sampai pintu gerbang

“Makasih P'” kutangkupkan tangan dan melotot sejadinya ke Ohm begitu gerbang ditutup

“Mulut loe ngga bisa lebih kendor lagi?” Rasa kesal dari tadi langsung meluap

“Dih! Sekrup loe tuh yang kendor! Loe makan macem lagi lamaran, salting” 

Dan jadilah kami saling melotot ditengah jalan komplek, gengsi tingkat tinggi buat mengalah.

“Kalian sedang apa?” 

P’Phun menatap aku dan Ohm dengan ekspresi heran, bungkusan plastik ditangannya

“Ini Ohm …er..minta..” aku sedikit panik

“Diliatin matanya … karena..erm..” Ohm sedikit kaget

“Tadi kemasukan debu!” Kami bahu membahu menjawab pertanyaan P’Phun

Kami saling nyengir dan mentally high five each other

“0..kay. Ini plastiknya ketinggalan” P’Phun mengulurkan 2 kantong plastik isi tupperware

“Eh makasih P’! Sampe lupa ada oleh oleh” Ohm nyengir mengambil plastik punyanya

“Makasih P’..” aku juga mengambil plastik punyaku

“Ok, hati hati baliknya” P’Phun menepuk bahu kami berdua sebelum jalan kembali ke rumah

“Ohya N’Noh..” suara P’Phun membuat aku membalik badan dan mendapati P’Phun berdiri diluar gerbang
“Kamu juga tipe aku kok” P’Phun tersenyum dan menghilang dibalik pagar rumahnya

Kamu juga tipe aku … 

 Tipe aku ….

Juga …

Juga? ….. JUGA?!!

Melotot aku menoleh ke Ohm yang udah lari kearah rumahnya

Kukejar dengan segenap amarahku

SETAN! Sini loe!! SINI!!! KAMPRET!! SINI LOE MONYED!!!”

“SIAPA SURUH LOE MAKAN SAMBIL BENGONG HAHAHA” Ohm nyaut tapi tetap lari dan emang dasar turunan monyet sampai depan pagar rumahnya dia dengan luwesnya lompat sambil melempar plastik bungkusan isi tupperware punyanya kedalam

“Setan. Keluar ngga loe?!” Terengah engah kutendang pagar rumah Ohm

“Gue tau loe happy ngga usah sok ma-AW AWWWW AWW AW!”

“KENAPA INI TUTUP TUPPERWARE PECAH BEGINI CHUNLAMOON NOM KANG?! HAH?!” 

Lewat celah gerbang kulihat Ohm dijewer Khun Saruta, ibunya.

Tersenyum puas aku jalan ke arah rumah

“Kamu juga tipe aku kok” 

Senyumku makin lebar.

ASSAAAAA.




I can’t sleep. 

Saw mamit’s fb so .. yeah. Something random.


7 thoughts on “Tupperware

  1. Our moms with their tupperwares are the end of our lives #sigh
    Siapa sih yg ciptain tupperware?!

Leave a comment